SKRIPSI

Penulis / NIM
KETUT PURWAJANA / 451408066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Abstrak
ABSTRAK Ketut Purwajana. 2012 : Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi siswa SMA Prasetya Gorontalo Skripsi .Program Studi Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning, dan hasil belajar siswa dengan mengunakan rancangan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design tipe Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Prasetya Kota Gorontalo, dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah kelas XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas control, yang penarikan sampelnya dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan instrumen berupa tes uraian. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan statistik uji Chi Kuadrat dan diperoleh nilai ?2hitung < ?2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 7,141 ? 11,07 dan untuk kelas kontrol sebesar 4,730 ? 11,07. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas, data terdistribusi secara normal. Berdasarkan pengujian normalitas data, pengujian homogenitas varians diuji dengan menggunakan uji Barllet dan diperoleh Xhitung < Xtabel yaitu 0,02302 ? 3,841selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis yang diuji secara statistik dengan menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan diperoleh > yaitu 10,0940 > 1,68287 sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning dengan kelas yang menggunakan rancangan pembelajaran konvensional, yaitu hasil belajar kelas yang menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan rancangan pembelajaran konvensional. Hal ini mengindikasikan bahwa metode pembelajaran Quantum Learning berpengaruh terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Quantum Learning, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011