SKRIPSI

Penulis / NIM
LA MUSA / 451408069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK La Musa, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Materi Sumber Daya Alam (Suatu Penelitian eksperimen pada SMA Prasetya Gorontalo Kelas XI IPS). Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, jurusan pendidikan fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Yoseph Paramata M.Pd., (2) Tirtawaty Abdjul, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Examples Non Examples dengan hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi Sumber Daya Alam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Prasetya Gorontalo, Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo. yang berjumlah 85 orang yang tersebar pada 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel yang di gunakan pada penelitian ini adalah kelas XI IPS2 sebagai kelas yang akan mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Examples Non Examples, sedangkan kelas XI IPS1 sebagai kelas dengan perlakuan model pembelajaran langsung. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara pengujian yang relevan yaitu uji t. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis statistik uji beda dua rat-rata yaitu uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Examples Non Examples dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi Sumber Daya Alam di SMA Prasetya Gorontalo. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe Eksamples Non Eksamples sebaiknya digunakan dalam pembelajaran geografi khususnya pada materi Sumber Daya Alam, Dalam proses pembelajaran hendaknya guru memilih metode, pendekatan serta model yang tepat yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga siswa tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan-kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples No Examples, Hasil Belajar ABSTRACT La Musa, 2012. The Affect of Cooperative Learning Model of Examples-Non-Examples Type toward Students Learning Outcomes on Geographic Subject at the Natural Resources Material (An experimental study in XI IPS Class of SMA Prasetya Gorontalo). Thesis. Study Program of Geographic Education, Department of Physical Education, Faculty of Mathematics and Sciences, State University of Gorontalo. Supervisor: Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd; Co-Supervisor: Tirtawaty Abdjul, S.Pd., M.Pd. The study aims to determine the difference between student learning outcomes in teaching through cooperative learning model of Examples-Non-Examples type and direct method at the natural resources subject. The method used is a quantitative method of experiment approach. Entire study population are students XI IPS class of SMA Prasetya Gorontalo, amounts to 85 people which devided into three classes. Cluster sampling is done by random sampling. The samples used in this study is the XI IPS2 class that will be given preferential treatment by using cooperative learning model of Examples-Non-Examples type, while the XI IPS1 class treatment by direct method. This study data analysis done by the relevant of t test. To test the hypothesis of statistical analysis used two different test that averages of t test. The results of this study indicate that there are differences in students learning outcomes that use Cooperative learning model of Examples-Non-Examples type with direct method on the natural resources subject. Based on the findings, it is recommended that cooperative learning model of Examples-Non-Examples type should be used in geographic subject, especially in Natural Resources matter, the learning process that teacher should choose, approaches and appropriate model that can improve students learning outcomes, so that students are not saturated in the following learning activities. Keywords: Cooperative Learning Model of Examples-Non-Examples type, Learning Outcomes
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011