Penulis / NIM
LA ODE ABDUL RAHMIN / 451408070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
La Ode Abdul Rahmin, NIM. 451 408 070. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi, (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tolinggula). Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo tahun 2012. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMA Negeri 1 Tolinggula kelas XI IPS yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi dengan desain penelitian yang digunakan adalah post-tes only control group. Dalam penelitian ini melibatkan 2 kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi dalam kelas ekperimen dan kelas kontrol. Seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tolinggula menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel, yang teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik cluster ramdom sampling. Setelah penelitian dilakukan dan data telah diperolah maka data-data tersebut diolah secara statistik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari hasil analisis menunjukan bahwa skor rata-rata hasil belajar pada kelas ekperimen setelah diberikan tindakan adalah 81.16 sedangkan kelas kontrol adalah 71.83. Berdasarkan analisis uji t yang digunakan, menunjukan bahwa krikteria pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 4.93 > 2.02 yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1 diterima) hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas ekperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian maka hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran ceramah.
Kata Kunci: Media Peta Konsep, Hasil Belajar
Download berkas