Penulis / NIM
LILIS ANDRIANI / 451408072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
Lilis Andriani, 451408072 . Hubungan rasa percaya diri dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi. Program studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2013.
Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara rasa percaya diri dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 4 Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara rasa percaya diri siswa dengan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif (Asosiatif). Subyek penelitian berjumlah 120 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu metode angket atau kuisioner untuk mengambil data tentang rasa percaya diri siswa dan metode dokumentasi untuk melihat prestasi belajar siswa melalui nilai raport kelas X semester ganjil tahun ajaran 2012-2013.
Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat seberapa besar hubungan rasa percaya diri dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 4 Gorontalo. Data hasil penelitian dari hasil uji statistik ini diperoleh persamaan regresi antara rasa percaya diri dengan prestasi belajar siswa adalah ?=30,176944+0,691799X hubungan antara kedua variabel juga diperkuat dengan nilai koefisien korelasi antara kedua variabel r_xy sebesar 0,6025. Hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,6025 ini mengindikasikan bahwa hubungan antara rasa percaya diri dengan prestasi belajar siswa adalah hubungan positif dan kuat. Kuatnya hubungan antara rasa percaya diri dengan prestasi belajar siswa adalah 36,3%. Hal ini memberikan gambaran bahwa ada sebesar 36,3% variasi Prestasi Belajar Siswa yang dapat dijelaskan oleh rasa percaya diri siswa, sedangkan 63,7% ditentukan oleh faktor lain.
Kata kunci: Rasa percaya diri, Prestasi belajar siswa
Download berkas