SKRIPSI

Penulis / NIM
MAIMUNA MAHMUD / 451408073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Maimuna Mahmud. “Deskripsi Pelaksanaan Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Pada Materi Anggota Jagad Raya”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran geografi pada materi anggota jagad raya. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Wonosari. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan prosedur pengumpulan data melalui observasi secara langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran geografi pada kegiatan guru dan kegiatan siswa memenuhi kriteria baik (B) dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan pada saat menyiapkan kelas, melakukan kegiatan apersepsi, pengecekan penguasaan pengetahuan prasyarat, dan pada saat menyajikan skenario pembelajaran memenuhi kriteria baik. Kegiatan inti pada saat mengaitkan materi dengan realitas kehidupan, mencapai tujuan komunikatif, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai, melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual, menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, dan sumber belajar, menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif, menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar, membantu siswa dalam membentuk sikap cermat dan kritis, menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar, serta penggunaan bahasa tubuh pembelajaran memenuhi kriteria baik. Kegiatan penutup pada saat guru memberikan penguatan, dan transisi pembelajaran selanjutnya memenuhi kriteria baik. Kegiatan siswa pada pendahuluan dapat diketahui pada saat menyiapkan diri untuk belajar, memusatkan perhatian dalam kelas, menyimak kegiatan guru dalam menyajikan skenario pembelajaran memenuhi kriteria baik. Kegiatan inti pada item mencapai tujuan komunikatif, mempresentasikan hasil, melaksanakan pembelajaran pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai, mengikuti pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan, antusias dalam belajar, cermat dan kritis, menggunakan bahasa lisan secara jelas dan benar pembelajaran memenuhi kriteria baik, sedangkan pada kegiatan penutup pada item bersama guru merefleksi materi yang telah dibahas, menerima penguatan, serta melakukan transisi pembelajaran selanjutnya memenuhi kriteria baik. Kata Kunci : Pelaksanaan Proses Pembelajaran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011