Penulis / NIM
MARDIN / 451408074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
Abstrak
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi” Pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas XI di SMA Prasetya Gorontalo). Untuk mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran Kooperative Tipe Snowball Throwing dengan Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Geografi kelas XI SMA Prasetya Gorontalo Tahun 2012. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui test essay. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik uji kesamaan dua rata-rata, dengan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas, dan uji t. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat dilihat bahwa Hipotesis Penelitian yang berbunyi ” Terdapat perbedaan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatve Tipe Snowball Throwing dengan Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada Mata pelajaran Geografi kelas XI SMA Prasetya Gorontalo.” dinyatakan terbukti dan diterima secara ilmiah. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji beda dua rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran peta dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, dimana thitung berada di luar daerah penerimaan ho, sehingga ho ditolak dan h1 diterima.
Kata kunci: Hasil Belajar, Snowball Throwing, Konvensional
Download berkas