Penulis / NIM
MARYAM LAISA / 451408076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
Abstrak
Maryam Laisa. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Geografi Kelas XI IPS Pada Pokok Bahasan Biosfer. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpangruh pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi ?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Telaga Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 3 kelas, kemudian pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling, yang menjadi sampel adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Yang dilakukan secara undian. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttes Only Control Design. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan instrumen tes. Tes yang diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebanyak 1 kali yaitu posstest yang berupa tes uraian. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan statistik uji Chi-Kuadrat. Pengujian homogenitas menggunakan uji Bartllet. Untuk pengujian hipotesis data hasil belajar siswa dengan menggunakan statistik uji t. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian bahwa hipotesis HO dapat diterima.
Kata kunci : Jigsaw dan Hasil Belajar Siswa
ABSTRACT
Maryam Laisa. 2012. Effect of Cooperative Learning Model Jigsaw Types Of Student Results In Geography Class XI IPS Topic Biosphere. Thesis, Geography Education Program S1 Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Gorontalo. This study was conducted to determine whether the type of jigsaw cooperative learning model berpangruh on student learning outcomes in geography subjects?. The population in this study were all students of class XI IPS in SMA Negeri 1 Ponds in Academic Year 2011/2012 consisting of 3 classes, then sampling using random cluster sampling, the sample is a class XI IPS 2 as the experimental class and class XI IPS 3 as a control class. Conducted lottery. This research is to design experiments Posttes Only Control Design. The collection of data used to use test instruments. The test is given to students who are in the experimental class and the control class is posstest 1 time in the form of test descriptions. Research data normality was tested using the Chi-Square test statistics. Testing homogeneity using Bartllet test. For hypothesis testing student learning outcomes data using t-test statistics. Based on the test results obtained by the experimental class students' higher than the control class. Thus the hypothesis HO acceptable.
Keywords: Jigsaw and Student Results
Download berkas