SKRIPSI

Penulis / NIM
MAYA / 451408077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK Maya, Nim. 451408077. 2012. menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi topik biosfer. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 oleh Asri Arbie dan Pembimbing 2 oleh Nurfaika. Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini berupa kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran geografi khususnya materi biosfer, siswa kurang aktif, dan kurang menyukai metode yang di gunakan dalam pembelajaran, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi dengan menerapkan model pembelajaran terbaru berupa pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), dimana pada pembelajaran berbasis proyek siswa di tuntut untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Prasetya Gorontalo kelas XI Ipa, penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, dimana pada siklus 1 dilakukan 3 kali pertemuan sedangkan pada siklus 2 dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui lembar pengamatan tes hasil belajar, keterlaksanaan pembelajaran, kegiatan guru serta lembar pengamatan aktifitas siswa. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus 1 hasil belajar siswa yang mencapai standar ketuntasan berjumlah 52,94%, yang berarti pada siklus 1 penelitian tindakan kelas ini dapat dikatakan belum berhasil karena belum mencapai indikator kinerja, sehingga di berikan tindakan siklus 2. Hasil pengolahan data yang belum terlaksana dengan baik, telah di perbaiki pada siklus 2. Seteleah melakukan tindakan siklus 2 hasil belajar siswa yang diberi tindakan meningkat menjadi 88,23%. Dan hasil analisis data keterlaksanaan pembelajaran, kegiatan guru dan aktifitas siswa telah meningkat. Yang artinya penelitian tindakan kelas (PTK) ini telah berhasil dengan dilaksanakan tindakan perbaikan pada siklus 2 yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Kata-kata Kunci: Model Project Based Learning, hasil belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011