Penulis / NIM
MEGAWATI K. SAADULLAH / 451408078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Megawati K. Saadullah, 2012. Pengaruh Pemenfaatan Media Pembelajaran Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Lesson Study. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. rer. Nat. Mohamad Jahja dan Pembimbing II Ibu Supartin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran power point dengan kelas kontrol yang tidak mengunakan media power point. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah hanya 7 dari 10 kelas siswa SMA Negeri 1 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X7 berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran power point untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran power point pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang mengunakan media pembelajaran power point dengan kelas yang tidak mengunakan media power point.
Kata kunci : media power point. Hasil belajar siswa dan lesson study
Download berkas