Penulis / NIM
MELVI NUSI / 451408079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
MELVI NUSI. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a match pada mata pelajaran Geografi khususnya materi pembentukan muka bumi. (Suatu penelitian di SMA Prasetya Gorontalo). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas X SMA Prasetya Gorontalo dengan obyek penelitian adalah 24 orang siswa, terdiri dari (10 ) orang siswa laki-laki dan (14) orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dan instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa dan analisis hasil belajar. Hasil belajar pada siklus I menunjukan bahwa dari 24 siswa yang di kenai tindakan ini adalah 7 siswa (29%) yang memperoleh nilai lebih dari 75. Hal ini menunjukan bahwa presentase keberhasilan siswa pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, maka dari itu perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil data yang diperoleh menunjukan bahwa dari 24 siswa, terdapat 20 siswa yang tuntas hasil belajarnya atau 84% yang nilainya diatas 75 dan hanya 4 siswa yang nilainya dibawah 75%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi pembentukan muka bumi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Xa SMA Prasetya Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Pembentukan Muka Bumi.
Download berkas