Penulis / NIM
NANA KUSMAWATI NGEHU / 451408082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Nana Kusmawati Ngehu (2013). Pengaruh Model Kooperatif Tipe teams Games Tournamen (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pedosfer (Suatu Penelitian Di Kelas X SMA Prasetya Gorontalo). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Kooperati tipe Teams Games Tournamen (TGT) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Kooperati tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pedosfer Kelas X SMA Prasetya Gorontalo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan Two Group Post test-Only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Prasetya Gorontalo T.P 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams games Tournamen (TGT) dengan yang menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pedosfer kelas X SMA Prasetya Gorontalo, Dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 78 > 71
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT), Hasil Belajar Siswa
Download berkas