Penulis / NIM
NI WAYAN KRISNAYANTI / 451408086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
ABSTRAK
Ni Wayan Krisnayanti. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa pada Materi Pedosfer Di SMA Prasetya Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model kooperatif tipe numbered heads together (kelas eksperimen) dan menggunakan model Pengajaran langsung (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Prasetya Gorontalo dan sampel dalam penelitian ini yakni kelas XD sebagai kelas eksperimen dan XA sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument test. Test diberikan kepada siswa yang berada dikelas eksperimen dan dikelas kontrol sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest. Data hasil penelitian di uji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik dengan rumus chi-kuadrat dan diperoleh nilai ?2hitung ??2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 1,854019 ? 9,488 dan untuk kelas kontrol 2,22681 ? 9,488. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat berdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan t hitung > ttabel yaitu 2,40 > 2,016. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan yang menggunakan model pengajaran langsung.
Kata Kunci : Numbered Head Together, hasil belajar
Download berkas