Penulis / NIM
NUR HIJRIANI / 451408088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Nur Hijriani, 2016. Menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi Hirologi.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA TRIDHARMA GORONTALO pada siswa kelas X, terlihat bahwa siswa kurang memperhatikan materi pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar rendah. Pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa SMA Tridharma Gorontalo Kelas X pada mata pelajaran geografi materi Hidrologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Siswa dikenai tindakan 14 orang siswa kelas X SMA Tridharma Gorontalo tahun ajaran 2014/2015.
Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan hasil belajar siswa, dan indikator keberhasilan yang ditetapkan minimal 75% dan secara klasikal 80%.
Presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan. Perlu dilanjutkan ke siklus II.Kekurangan-kekurangan pada siklus I diperbaiki dan disempurnahkan pada siklus II. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada mata pelajaran geografi materi Hidrologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Tridharma Gorontalo pada tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament, hasil belajar.
Download berkas