Penulis / NIM
NURJULIS ALI / 451408092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
Nurjulis Ali, 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Geografi Topik Lingkungan Hidup. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Geografi ,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr.Sunarti S. Eraku,M.Pd, Pembimbing II Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Outdoor Study dengan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI pada topik Lingkungan hidup dengan kelas yang menggunakan pengajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan Metode pembelajaran outdoor dan penggunaan Metode pembelajaran langsungpada mata pelajaran Geografimateri lingkungan hidup di SMAN 1 Limboto Barat dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol XK= 71,4713 dan rata-rata pada kelas eksperimen XE=76,64. Sedangkan pengujian hipotesis =0,05 didapatkan ttabel=2.01995 dan thitung=19,161, karena thitung>ttabel (19,161>2.01995) maka H0 ditolak dan disimpulkan nilai siswa yang dibelajarkan dengan Metode outdoor study lebih tinggi secara signifikan dari pada siswa yang menggunakan Metode pembelajaran langsung pada mata pelajaran Geografi materi lingkungan hidup di SMAN 1 Limboto Barat.Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran outdoor Study lebih baik untuk digunakan dibandingkan dengan metode pembelajaran langsung.
Kata kunci :
Hasil Belajar, Pembelajaran Langsung Outdoor Study
Download berkas