Penulis / NIM
NURSYAMSIAH LUMANI / 451408096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Nursyamsiah Lumani. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Tata Surya. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan metode pembelajaran Index Card Match yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan cara mengkaji apakah terdapat pembelajaran berarti antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Index Card Match dan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. 6 dari 11 kelas pada kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes sebanyak dua kali, yaitu tes awal dan tes akhir. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 53.06 > 4.02 yang berarti menerima hipotesis alternativ (H1 diterima). Dengan demikian terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Index Card Match dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah.
Kata kunci : Metode Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar dan Tata Surya
Download berkas