SKRIPSI

Penulis / NIM
OKNALFANDI POLAKU / 451408098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK OKNALFANDI POLAKU, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Geografi. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, dengan permasalahan yang diteliti adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Untuk itu pemecahan masalahnya adalah guru. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan, guru berupaya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share yang diharapkan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri 2 Bunta pada semester genap Tahun pelajaran 2011/2012. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi atau pengamatan kegiatan belajar mengajar, lembar aktifitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa setelah siswa menerima materi pelajaran. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa SMA Negeri 2 Bunta kelas XI IPS 2 yang berjumlah 32 orang, dan dilaksanakan pada Bulan Mei-Juni 2012. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 46,87% sedangkan pada siklus II meningkat mencapai 87,50%. Persentase capaian lembar pengamatan aktivitas guru untuk kategori baik dan sangat baik pada siklus I adalah 83,35% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Adapun persentase capaian lembar pengamatan aktivitas siswa pada siklus I adalah 46,87% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Setelah melihat dari hasil tindakan tersebut model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Bunta. Kata kunci : Hasil belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011