Penulis / NIM
OSIN BUNTA / 451408099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Abstrak
Osin Bunta. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada kelas yang menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (kelas eksperimen) pada pembelajaran geografi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan kelompok perlakuan (X-9) dan kelompok kontrol (X-5). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 2 Gorontalo dan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan pretes-posttes group control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Tes diberikan pada siswa yang berada dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik yaitu dengan menggunakan rumus chi kuadrat dan diperoleh nilai ? 2hitung ? ? 2tabel yaitu kelas eksperimen sebesar 5,30 < 11,070 dan untuk kelas kontrol 5,15 < 11.070. Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk kedua kelas tersebut dapat berditribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa menggunakan statistika uji t. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan thitung ? ttabel yaitu 3,53 > 1,70 . dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Group Investigstion, Hasil Belajar Siswa
Download berkas