SKRIPSI

Penulis / NIM
RAMDAN KAKU / 451408103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK RAMDAN KAKU. 2013.Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Teams Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Lesson Study (suatu penelitian eksperimen di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gorontalo T.P.2012-2013). Tujuan penelitian iniuntuk melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan mengunakan metode pembelajaran teams game tournament melalui pendekatan Lesson Study dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung melalui pendekatan Lesson Study, yang melibatkan kelas ekperimen dan kelaskontrol. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Gorontalo, dengan populasi terjangkau adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo T.P 2012-2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas experimen dan kelas kontrol yang merupakan tes evaluasi hasil belajar. Data hasil penelitian ini diuji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik dan diperoleh nilai x^(2 )hitung ? x^2tabel yaitu untuk kelas experimen sebesar 9,217?11,070 dan untuk kelas kontrol sebesar 6,193? 11,070.Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan didapatkan t_(hitung )? t_(tabel ) yaitu 5,286? 2,021. Sehingga dari hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran temas game tournament melalui lesson study dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung melalui lesson study. Kata Kunci: Teams Game Tournamen, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011