SKRIPSI

Penulis / NIM
RAMELAN BILOTANGO / 451408104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK Ramelan Bilotango, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi, Program Studi Geografi Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Giving Question And Getting Answer berbasis Lesson Study. Model Pembelajaran Kooperative Tipe Giving Question and Getting Answer dikembangkan untuk melatih peserta didik memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya, dengan demikian siswa akan menjadi aktif dalam proses belajar mengajar dan mampu merekonstruksi pengetahuan yang dimilikinya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Gorontalo, yang berjumlah 21 orang. Untuk meningkatkan evektivitas hasil belajar siswa digunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar pengamatan aktivitas Guru, aktivitas Siswa, dan evaluasi di setiap akhir siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan Tim Lesson Study sebagai pengamat. Berdasarkan hasil tindakan pada siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan belajar. Kriteria dalam ketuntasan dalam penelitian ini adalah 75%. Ketuntasan belajar pada siklus I dari 21 siswa yang dikenai tindakan hanya 9 siswa yang tuntas belajar atau 42,85%, sehingga penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Hasil belajar siswa yang diperoleh dari evaluasi pada siklus II menunjukan peningkatan yaitu dari 21 siswa yang dikenai tindakan terdapat 18 siswa yang tuntas belajar atau 83,97%. Sehingga penelitian ini di akhiri pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) Berbasis Lesson Study Pada Mata Pelajaran Geografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Giving Question And Getting Answer Berbasis Lesson Study, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011