Penulis / NIM
ROSISKA A. ALHABSI / 451408105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Rosiska A. Alhabsi. “Deskripsi Miskonsepsi Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Khususnya Materi Klimatologi” ( Suatu Penelitian di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo). Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang miskonsepsi siswa pada mata pelajaran Geografi khususnya materi Klimatologi. Pertimbangan dilakukannya penelitian ini adalah guru kurang memperhatikan pemahaman siswa tentang konsep yang diajarkan, persepsi siswa berbeda dengan persepsi guru tentang konsep yang diajarkan dan siswa sulit membedakan konsep yang sebenarnya dengan konsep berdasarkan pengalaman sehari-hari. Penelitian ini dilakukan di seluruh SMA negeri yang ada di Kota Gorontalo, Penelitian ini juga melibatkan 68 siswa yang tersebar di SMA Se-Kota Gorontalo. Miskonsepsi siwa yang berkaitan dengan konsep klimatologi yang meliputi iklim, unsur-unsur iklim, energi dan perubahan cuaca dikumpulkan melalui instrument tes dan didukung oleh wawancara agar data yang diperoleh lebih akurat. Hasil penelitian menunjukan bahwa telah terjadi miskonsepsi siswa pada mata pelajaran geografi khususnya pada materi klimatologi. Dan miskonsepsi siswa paling banyak terjadi pada konsep flu disebabkan oleh cuaca dingin, jika langit pekat dan awan mendung menandakan turun hujan serta musim dapat menyebabkan cuaca berubah.
Kata Kunci : Instrumen Tes dan Wawancara, Miskonsepsi, Klimatologi.
Download berkas