Penulis / NIM
RISNARTI ALI / 451408110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
RISNARTI ALI. “Pengaruh Penerapan Metode PQ4R Dalam Pembelajaran geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Topik Pedosfer” Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan penerapan metode PQ4R yang digunakan dalam pembelajaran Geografi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan kelompok perlakuan (X-9) dan kelompok kontrol (X-7). Lebih jauh penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan metode PQ4R dengan hasil belajar siswa yang hanya menggunakan metode diskusi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) SMA Negeri1 Gorontalo. Sampel diambil dengan menggunakan tehnik cluster random sampling kemudian ditentukan kelas eksperimen sebanyak 26 siswa yaitu kelas X9 kelas kontrol sebanyak 27 siswa yaitu kelas X7. Instrumen penelitian menggunakan tes. Tes ini dilaksanakan pada siswa yang ada dikelompok perlakuan dan juga pada kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik Chi-Kuadrat. Hasilnya adalah nilai x^2hitung< x^2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 4,49 < 11,070 dan untuk kelas kontrol 6,17 < 11,070. Dengan demikian rata – rata skor hasil belajar siswa terdistribusi secara normal. Pengujian hipotesis dengan menggunakan t-tes menunjukan bahwa ada thitung > ttabel yaitu 23,17 > 1,998. Kesimpulannya yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi perlakuan PQ4R dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan PQ4R atau hanya menggunakan Metode diskusi.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan metode PQ4R
Download berkas