Penulis / NIM
ROHMILA MAYANG / 451408113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Rohmila Mayang, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Hidrologi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. rer. Nat. Mohamad Jahja dan Pembimbing II Ibu Supartin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X3 berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan kelas yang menggunakan pembelajaran langsung.
Kata kunci : Think Pair Share. Hasil belajar siswa
Download berkas