Penulis / NIM
ROSLIN JAENI / 451408114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
ROSLIN JAENI. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Geografi Khususnya Materi Hidrosfer. Program Studi Geografi Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si Dan Pembimbing II Daud Yusuf S.Kom, M.Si.
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas X SMA Negeri Tilamuta dengan obyek penelitian adalah 20 orang siswa, terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dan instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa (aktivitas tutor dan teman sebaya). hasil belajar pada siklus I adalah 55% dan meningkat menjadi 95% pada siklus II. Pengelolaan pembelajaran termasuk aktivitas guru 84% pada siklus I, menjadi 100% pada siklus II. Aktivitas pelaksanaan pembelajaran 84% pada siklus I, meningkat menjadi 100% pada siklus II. Aktivitas tutor 1 69%, tutor 2 75%, tutor 3 87%, tutor 4 83% pada siklus I dan pada siklus II meningkat tutor 1 88%, tutor 2 91% , tutor 4 84%. Aktivitas teman sebaya 66% siklus I, meningkat menjadi 83% .
Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Hidrosfer
Download berkas