Penulis / NIM
RUKIYA MONOARFA / 451408116
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
Rukiya Monoarfa, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Lingkungan Hidup, Skripsi, Prodi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M. Si, Pembimbing II Nurfaika, S. Si, M. Sc.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan kelas yang menggunakan model Pengajaran Langsung. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri I Buntulia Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2011/2012. Desain penelitian yang digunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Data yang diperoleh dalam penelitian adalah skor hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes. Pengujian hipotesis digunakan Uji Anakova. Skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah 22,00 dan skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Pengajaran Langsung adalah 19,30. Berdasarkan pengujian statistik disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal antara hasil belajar siswa yang menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pengajaran langsung.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pengajaran Langsung, Hasil Belajar
Download berkas