Penulis / NIM
SARTIKA A PIANDAE / 451408123
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Sartika A. Piandae 2012.” Pengaruh Implementasi lesson study terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 1 Gorontalo“(suatu penelitian eksperimen di SMA Negeri 1 Gorontalo), Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Quasi yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 dikelas X10 SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengunakan pendekatan Lesson study model pembelajaran kooperatife dengan jumlah siswa 26 orang. permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh implementasi Lesson Study terhadap hasil belajar siswa belajar siswa pada mata pelajaran geografi X di SMA Negeri 1 Gorontalo pokok bahasan hidrosfer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi Lesson Study terhadap hasil belajar siswa belajar siswa pada mata pelajaran geografi X di SMA Negeri 1 Gorontalo.
Hasil dari penelitian ini adalah Terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Lesson Study. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor hasil belajar siswa pada pretest sebesar 40,62 % dan postest yaitu sebesar 76,69 %. Hal ini menunjukkan bahwa skor hasil belajar pada kelas X-10 terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran geografi dengan materi hidrosfer.
Kata kunci : lesson study, cooperative learning, dan hasil belajar
Download berkas