Penulis / NIM
SITTI FITRIATI / 451408125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Sitti Fitriati, 2015. Pengaruh penggunaan internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi (suatu penelitian kelas XI IPS SMAN 2 Gorontalo) Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Gorontalo, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan internet sebagai sumber pembelajaran dengan buku paket sebagai sumber pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dan menggunakan obyek penelitian yaitu kelas XI IPS2 dan kelas XI IPS4 masing- masing kelas siswanya sebanyak 30 orang. Instrumen tes hasil belajar siswa dalam bentuk tes essay berjumlah 12 butir soal dengan skor 0-100. Skor hasil belajar siswa yang menggunakan internet sebagai sumber belajar diperoleh dari jawaban siswa yang berjumlah 30 orang. Distribusi frekuensi rata-rata hasil belajar siswa secara keseluruhan yaitu hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan Internet sebagai sumber belajar mencapai nilai 70,05 dan 68,5 adalah skor rata-rata untuk kelas yang menggunakan Buku Paket sebagai Sumber Pembelajaran . Nilai menunjukan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa pada kedua kelas ini memiliki selisih sebesar 1,55%. Sedangkan hasil uji t hipotesis dimanaThitung> Ttabel, yaitu Thitung= 3,99>Ttabel= 2,0021. Berdasarkan persentase tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan media internet dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci :Penggunaan internet, Hasil belajar siswa
Download berkas