Penulis / NIM
SRI YULAN PUNUH / 451408129
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK
SRI YULAN PUNUH. ”Pengaruh Penerapan Lesson Study Berbasis PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Hidrosfer”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan lesson study berbasis PAKEM dengan hasil belajar siswa yang hanya menggunakan PAKEM tanpa melalui lesson study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri1 Wonosari. Sampel di ambil dengan menggunakan tehnik cluster sampling kemudian di random untuk mengetahui kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah di random di dapatkan kelas eksperimen adalah X1, jumlah siswa sebanyak 29 orang dan kelas control adalah X2 dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan rumus chi square tes dan uji homogenitas dengan menggunakan rumus chi kuadrat. Dari hasil analisis data pada ?=0,05 diperoleh thitung= 3,0368 dain ttabel= 1,9948 maka Artinya bahwa thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi perlakuan Lesson Study berbasis PAKEM dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan Lesson Study atau hanya menggunakan PAKEM saja.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Lesson Study berbasis PAKEM
Download berkas