SKRIPSI

Penulis / NIM
SULISTINA LA MPAI / 451408134
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK Sulistina La Mpai. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Lingkunga Hidup dan Pelestariannya, (Suatu Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 2 Taliabu Utara Provinsi Maluku Utara). Program Studi Geografi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Yoseph Paramata dan Pembimbing II Daud Yusuf. Penelitian ini merupakan Studi eksperimen di SMP Negeri 2 Taliabu Utara yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah. Dalam penelitian ini dilibatkan 2 kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Seluruh siswa kelas VIII (Delapan) di SMP Negeri 2 Taliabu Utara menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik random sampling. Setelah penelitian dan data telah diperoleh, maka data-data tersebut diolah secara statistik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumn berupa tes hasil belajar yang berbentuk tes essay yang terdiri dari 11 nomor. Berdasarkan analisis uji t yang digunakan menunjukkan bahwa kriteria pengujian hipotesis diperoleh 2,259 >2,042 yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1 diterima) hal ini berarti terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Dengan demikian menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011