Penulis / NIM
SULISTINA LA MPAI / 451408134
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Sulistina La Mpai. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Lingkunga Hidup dan Pelestariannya, (Suatu Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 2 Taliabu Utara Provinsi Maluku Utara). Program Studi Geografi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Yoseph Paramata dan Pembimbing II Daud Yusuf.
Penelitian ini merupakan Studi eksperimen di SMP Negeri 2 Taliabu Utara yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah. Dalam penelitian ini dilibatkan 2 kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Seluruh siswa kelas VIII (Delapan) di SMP Negeri 2 Taliabu Utara menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik random sampling. Setelah penelitian dan data telah diperoleh, maka data-data tersebut diolah secara statistik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumn berupa tes hasil belajar yang berbentuk tes essay yang terdiri dari 11 nomor. Berdasarkan analisis uji t yang digunakan menunjukkan bahwa kriteria pengujian hipotesis diperoleh 2,259 >2,042 yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1 diterima) hal ini berarti terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Dengan demikian menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Download berkas