Penulis / NIM
SUMIATI / 451408135
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
ABSTRAK
Sumiati. 2012. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrosfer melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran geografi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : 1) Dr.H. Mursalin, M.Si, dan Yayu Indriati Arifin, S.pd M.Si. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrosfer melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini ditujukan untuk melihat apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini dilakukan di SMA negeri 3 gorontalo. Hasil belajar siswa pada siklus 1 terlihat ada ketuntasan klasikal 71%, siswa tidak tuntas 29% dan rata-rata kelas 66.66%. peningkatan disiklus II pada ketuntasan klasikal mencapai 92% adapun siswa yang tidak tuntas mengalami penurunan menjadi 8% dan nilai rata-rata mencapai 80.50%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa lebih meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray.
Kata kunci : two stay two stray dan Hasil Belajar
Download berkas