SKRIPSI

Penulis / NIM
SUSANTI DEMULAWA / 451408137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK Susanti Demulawa, 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Active Knowledge Sharing pada Topik Hidrosfer Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing I Dr.rer.nat.Mohamad Jahja,dan pembimbing II Supartin S.Pd M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wonosari pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Active Knowledge Sharing dengan menerapkan model pengajaran langsung. Seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari yang menjadi populasi penelitian ini dan diambil 2 kelas yang menjadi sampel dan pengambilan sampelnya menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk kedua kelas adalah kelas eksperimen dan kelas control diberikan postest. Secara statistic untuk mengetahui sejauh mana skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di uji dengan menggunakan statistic uji chi-kuadrat. Diperoleh harga 2 untuk kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Active Knowledge Sharing (kelas eksperimen) adalah 2hitung = 5,342 dan pada kelas yang menerapkan model pengajaran langsung (kelas kontrol) adalah 2hitung= 5,908 nilai yang ditunjukkan ditabel ditribusi 2 untuk kelas eksperimen dan kelas control masing-masing adalah 2tabel=11,070 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Active Knowledge Sharing dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pengajaran langsung. Kata kunci : Active Knowledge Sharing, Pengajaran Langsung, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011