Penulis / NIM
TRI MERY HANDAYANI KADIR / 451408139
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
Tri Mery Handayani Kadir. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran kooperatif think pair share pada mata pelajaran geografi materi atmosfer (suatu penelitian di kelas XD SMA Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran kooperatif think pair share pada mata pelajaran geografi materi atmosfer.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas X D SMA Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2015/2016. Siswa yang dikenai tindakan kelasberjumlah 27 orang. Dimana 21 siswa laki-laki dan 6siswa perempuan.
Materi yang diajarkan yaitu materi atmosfer. Dan berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa ada peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Dari 27 siswa yang dikenai tindakan, 25 orang (95,65%) siswa yang dinyatakan tuntas belajar yang memperoleh nilai 70 keatas dengan nilaitara-rata 79,13.
Ketuntasan 95,65% menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran kooperatif think pair share.
Menunjukkan bahwa hipotesis penelitian tindakan yaitu: "jika digunakan metode pembelajaran think pair share dalam proses pembelajaran geografi materi atmosfer maka hasil belajar siswa akan meningkat" dapatditerima.
Kata Kunci : Metode pembelajaran kooperatif.
Download berkas