Penulis / NIM
WA ODE NURSINA / 451408143
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
ABSTRAK
Wa ode Nursina. 2012. Deskriptif Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Defenisi Geografi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan ibu Dr. Fitriyane Lihawa M,Si dan Yayu Indriati Arifin S.Pd,M.Si
Penelitian ini mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas belajar siswa kelas X pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Gorontalo. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo yang berjumlah 263 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang yang diambil dengan tehnik Simple Random Sampling. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa di SMA Negeri 1 Gorontalo efektivitas belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal, dimana faktor eksternal terdiri dari sarana dan prasarana, Guru sebagai pembina belajar siswa, Lingkungn sosial siswa disekolah, kebijakan penilaian. Sedangkan faktor internal terdiri dari Sikap siswa terhadap belajar, motivasi belajar, mengolah bahan belajar, dan menyimpan perolehan hasil belajar
Kata kunci : Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas belajar siswa
Download berkas