Penulis / NIM
WIDIARNI / 451408145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
ABSTRAK
Widiarni. 2012. Penerapan Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Pada Topik Lingkungan Hidup. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Drs. Asri Arbie, M.Si dan
Pembimbing II, Yayu I. Arifin S.Pd, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada
semester genap tahun ajaran 2011/2012 di kelas XI IS 3 SMA Neg. 4 Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode outdoor learning dengan jumlah siswa yang
dikenai tindakan 31 orang. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Data diperoleh
melalui lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan
kegiatan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan
keterampilan personal dan sosial siswa serta tes hasil belajar. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 48% dari
seluruh siswa yang dikenai tindakan. Persentase ini menunjukkan bahwa
penelitian belum berhasil sebab belum memenuhi indikator kinerja. Oleh karena
itu, penelitian dilanjutkan pada siklus II. Aspek-aspek pengamatan yang belum
terlaksana dengan baik diperbaiki pada siklus ini. Hasilnya, seluruh siswa yang
dikenai tindakan memiliki ketuntasan sebesar 81%. Dengan demikian, metode
outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik lingkungan
hidup.
Kata kunci: outdoor learning, hasil belajar, lingkungan hidup.
Download berkas