Penulis / NIM
WINDAYANI IKA YUNITA SARI / 451408147
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
Abstrak
Windayani Ika Yunita Sari. Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran outdoor learning (kelas eksperimen) dan yang tanpa menggunakan metode pembelajaran outdor learning (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 1 Telaga dan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan Posttes Only Control Design . pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument test. Tes diberikan pada siswa yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan uji statistika yaitu dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat dan diperoleh nilai x2hitung ? x2tabel yaitu kelas eksperimen sebesar 6,010?11,070 dan untuk kelas kontrol 0,935?11,070. Data hasil penelitian ini menunjukaan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat berdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa menggunakan statistika uji t. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan thitung?ttabel , 2,857 > 2,005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan metode outdoor learning .
Kata kunci : Outdoor Learning dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas