Penulis / NIM
YOWAN HANAPI / 451408149
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Yowan Hanapi 2013. Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing dengan Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa Geografi Kelas XI IPS pada Pelajaran Geografi dengan Materi Pelestarian Lingkungan Hidup. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing dengan metode Tutor Sebaya berpengaruh pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA NEGERI 1 ATINGGOLA tahun ajaran 2012-2013 yang terdiri dari 3 kelas, kemudian pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling, yang menjadi sampel adalah XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Yang dilakukan secara undian. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan instrumen tes. Tes yang diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebanyak 1 kali. Yaitu posttest yang berupa test uraian. Data hasil penelitian diuji Chi-Kuadrat. Pengujian homogenitas menggunakan uji bartllet. Unutk pengujian hipotesis data hasil belajar siswa dengan menggunakan statistik uji t. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian bahwa hipotesis H0 dapat diterima.
Kata kunci: Role Playing, Tutor Sebaya, dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas