Penulis / NIM
FADLI ADE / 451409001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Fadli Ade . 2013. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Geografi Kelas X, X1 dan X11 MA Swasta Mareku kota Tidore Kepulauan Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bermaksud untuk dapat mengungkapkan permasalahan tentang hubungan antara Minat belajar dengan prestasi belajar siswa. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Minat belajar dengan prestasi belajar siswa di MA Swasta Tidore Kepulauan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diinginkan dan sesuai dengan kepentingan penjelasan maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui Angket dan studi Dokumentasi.Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis regresi dan korelasi. Sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini ditemukan hal-hal sebagai berikut : 1). Pengujian normalitas data dengan teknik yang sesuai, data mengenai Minat belajar sebagai variabel X dan hasil belajar sebagai variabel Y menunjukan distribusi normal. 2). Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh persamaan Regresi ( Y) ?=60,4163+0,2029X. Hal ini berarti bahwa setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variable X, maka akan diikut oleh perubahan sebesar satu unit pada variable Y sebesar 0,2029 unit pada konstanta 60,4163. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi terdapat hubungan yang signifikan antara Minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dapat diterima dengan koefisien korelasi diperoleh harga r = 0,361 dan r2 =0,1304atau 13,04 %. Hal ini menunjukan bahwa Minat belajar memiliki hubungan yang erat dengan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Minat Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas