Penulis / NIM
JAINUDIN M SENUK / 451409002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
Jainudin. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan Model Pembelajaran tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Lingkungan Hidup. Jurusan Pendidikan fisika Program Studi Geografi Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H.Yoseph Paramata. M.Pd dan Pembimbing II : Daud Yusuf S. Kom, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Make a Match dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran tipe Make a Match pada materi lingkungan hidup. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 2 Limboto dan sampel dalam penelitian ini yakni kelas XI IPS 4 dengan jumlah siswa 24 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 5 dengan jumlah siswa 24 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest only control design. Pengumpulan data yang digunakan dengan mengunakan instrumet tes. Instrumen penelitian berupa tes esay sebanyak 8 butir soal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes siswa pada kedua kelompok tersebut. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik Chi-Kuadrat. Hasilnya adalah bahwa x2hitung
Download berkas