Penulis / NIM
FATMA HADI / 451409003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
Fatma Hadi. NIM. 451 409 003. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Outdoor Activity pada Materi Lingkungan Hidup (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mananggu). Program Studi Pendidikan Geografi. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan IPA. Univesitas Negeri Gorontalo.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: apakah hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe outdoor activity? Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Lingkungan hidup melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe outdoor activity.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan variabel input yakni siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mananggu, guru mata pelajaran Geografi, sarana yang mendukung pembelajaran, serta kondisi lingkungan sekitar sekolah. Variabel prosesnya adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe outdoor aktivity, yang diukur dari daya atau kemampuan guru membimbing siswa dalam mengelola pembelajaran di luar kelas. Sementara itu, variabel output-nya adalah hasil belajar Geografi yang diukur dari peningkatan kualitas pembelajaran.
Adapun langkah-langkah/prosedur penelitian yang dilakukan penulis, secara berurutan, dimulai dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Data yang dikumpulkan selama proses pembelajaran dianalisis secara kuantitatif dengan mencari ketuntasan perorangan, ketuntasan klasikal, dan nilai rata-rata.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar Geografi pada materi Lingkungan Hidup pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Mananggu dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Outdorr activity. Hal ini dibuktikan dengan kualitas pengelolaan pembelajaran mengalamai peningkatan. Pada siklus I, akumulasi kriteria sangat baik dan baik hanya mencapai 40%, dan pada pelaksanaan siklus II meningkat menjadi 70%. Kualitas aktivitas guru pada siklus I sebesar 36,84%. Angka ini mengalami peningkatan pada siklus II, yakni menjadi 84,17%, dan kualitas belajar siswa pada siklus I hanya memperoleh 22,22%, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,77%. Nilai ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 74,07%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,19%. Sementara itu, untuk daya serap siswa, pada siklus I mencapai 74,81%, dan pada siklus II meningkat menjadi 78,52%.
Kata- Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif, Outdoor Actyvity
Download berkas