Penulis / NIM
NI KETUT MARIANI / 451409005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Ni Ketut Maryani 451 409 005. Dengan skripsi berjudul“Pengaruh Penerapan model Cooperative Tipe Script terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Materi Lingkungan Hidup”.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Cooperative script yang digunakan dalam pembelajaran Geografi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan kelompok perlakuan kelas (XI IS-1) dan kelompok Respon kelas (XI IS-3). Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model Cooperative Script dengan hasil belajar siswa yang hanya menggunakan model pembelajaran Convensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI (Sebelas IS) SMA Negeri 2 Gorontalo. Sampel diambil dengan menggunakan tehnik cluster random sampling kemudian ditentukan kelas eksperimen sebanyak 31 siswa yaitu kelas XI IS1, kelas Respon sebanyak 32 siswa yaitu kelas XI IS3. Instrumen penelitian menggunakan tes. Tes ini dilaksanakan pada siswa yang ada dikelompok perlakuan dan juga pada kelompok Respon.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik Liliefors. hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol nilai rata-rata yang diperoleh adalah . Kesimpulannya yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi perlakuan model Cooperative Tipe Script dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan Cooperative Tipe Script atau hanya menggunakan model pembelajaran Convensional.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Cooperative Tipe Script
Download berkas