Penulis / NIM
BEBI AMELIA BARUADI / 451409007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Bebi Amelia Baruadi. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Active College Ball Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe Active College Ball dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Bongomeme dan sampel dalam penelitian ini yakni kelas XI C3 sebagai kelas eksperimen dan XIC5 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument test. Test diberikan kepada siswa yang berada dikelas eksperimen dan dikelas kontrol sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan analisis data penelitian ini dilakukan secara normalitas data homogenitas varians. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis statistic uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active college ball dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Demikian bahwa skor rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active college ball lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Active College Ball, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar
Download berkas