SKRIPSI

Penulis / NIM
NOKTAH SUCIATI / 451409009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK NOKTAH SUCIATI. NIM. 451409009. Meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Limboto pada materi lingkungan hidup dengan menggunakan metode outdoor study. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor study dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Limboto pada mata pelajaran geografi materi lingkungan hidup”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Limboto pada materi lingkungan hidup dengan menggunakan metode outdoor study. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindaka kelas (PTK) yang dilalakukan di kelas XI IPS2 SMA Negeri 2 Limboto. Siswa yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS2 yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 10 oarang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 24 orang siswa yang dikenai tindakan, hanya 15 orang atau 62,50% memperoleh nilai , sedangkan 9 orang atau 37,50 % memperoleh nilai . Sedangkan untuk aktivitas guru dengan aspek berkategori sangat baik dan baik yaitu 70,83 % dan aktivitas siswa dengan aspek berkategori sangat baik dan baik yaitu 66,67 %. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I belum mencapai indikator yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berbagai kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada pelaksanaan siklus II. Ternyata hasil tindakan siklus II menunjukkan bahwa dari 24 orang siswa yang dikenai tindakan, 21 orang atau 87,50 % memperoleh nilai , sedangkan 3 orang atau 12,5 % memperoleh nilai . Sedangkan untuk aktivitas guru dengan aspek berkategori sangat baik dan baik yaitu 100 % dan aktivitas siswa dengan aspek berkategori sangat baik dan baik yaitu 100 %. Sehingga indikator yang telah ditetapkan dipenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis penelitian : “jika digunakan metode outdoor study pada materi lingkungan hidup maka hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA NEGERI 2 LIMBOTO meningkat.”, dapat diterima. Kata kunci : metode oudoor study, hasil belajar siswa, lingkungan hidup
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011