Penulis / NIM
DEDYANTO IGIRISA / 451409011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Dediyanto Igirisa. Analisis Dan Pemetaan Sebaran Sekolah Berbasis Sistem Informasi Geografis, Studi Kasus Kabupaten Pohuwato (dibimbing oleh Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd, dan Supartin, S.Pd, M.Pd).
Pemerataan kesempatan belajar merupakan salah satu masalah pendidikan nasional yang masih belum dapat diselesaikan sampai saat ini. Pemerintah Kabupaten Pohuwato misalnya, sampai saat ini belum dapat menyelesaikan masalah pendidikan nasional tersebut. Hal itu disebabkan karena kurangnya media informasi yang dapat menyajikan informasi secara visual tentang analisi sebaran sekolah dan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sebaran sekolah terhadap partisipasi anak usia sekolah (AUS) serta memetakannya dalam bentuk Sistem Informasi Geografis dengan analisis sebaran sekolah dan angka partisipasi AUS berdasarkan desa, kecamatan dan kabupaten. Berdasarkan analisis sebaran sekolah dan analisis angka partisipasi kasar (APK), dan angka partisipsi murni (APM), maka dapat dilihat bahwa sebaran sekolah di kabupaten pohuwato belum merata untuk tingkat kecamatan dan desa karena cenderung terpusat pada tempat-tempat tertentu saja. Selain itu, diperoleh suatu hubungan yang menunjukan bahwa semakin tinggi jumlah siswa dan semakin rendah jumlah AUS yang sekolah maka APK akan semakin besar, semakin tinggi jumlah AUS yang bersekolah pada jenjang pendidikan yang sesuai maka semakin tinggi nilai APM.
Kata Kunci: Sistem Informasi Geografis, Peta Sebaran Sekolah, Angka Partisipasi
Download berkas