Penulis / NIM
SAELAN / 451409014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
Saelan. 2014. Pengaruh Penerapan Role Playing Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Tata Surya. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian yang dilaksanakan di SMA Prasetya Gorontalo. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah kelas X, dan sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas Xc dan kelas Xa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Dengan role playing yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket. Data yang dikumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik uji kesamaan dua rata-rata, dengan pendekatan yang digunakan adalah dengan pengujian validitas, realibilitas, dan uji t. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan thitung > ttabel yaitu 15.49 > 2.04, sehingga dari hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode role playing dengan kelas yang tidak menggunakan metode role playing.
Kata Kunci : Metode Role Playing, Model Pembelajaran Kooperatif, dan Minat Belajar Siswa
Download berkas