Penulis / NIM
IMAN / 451409018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Iman. 2015. Hubungan antara kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMP Negeri 1 Totikum. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Tim Pembimbing, Pembimbing 1 Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Nurfaika, S.Si, M.Sc
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan ias rmance guru terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Totikum. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui obeservasi, metode angket dan metode dokumentasi. Peneliti mengadakan penelitian langsung pada objek yang diteliti, dengan pengambilan data kepada siswa melalui penyebaran angket yang kepada siswa tentang performance guru selama satu semester. Sedangkan data hasil belajar siswa yang didapatkan peneliti dari guru mata pelajaran geografi yaitu kelas VII, VIII, dan kelas IX di SMP Negeri 1 Totikum Analisis data menggunakan analisis inferensial. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara performance guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMP Negeri 1 totikum dengan tingkat keeratan antara performance guru (X) dan hasil belajar siswa (Y) adalah sebesar 77,30% sedangkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi signifikansi = 0,05 diperoleh . Ini berarti semakin tinggi performance guru akan semakin tinggi hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMP Negeri 1 Totikum.
Kata Kunci: kinerja Guru, dan Hasil Belajar
Download berkas