Penulis / NIM
HASRUL GILALOM / 451409020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Hasrul Gilalom, 2010. Pengaruh penerapan metode outdoor learning terhadap hasil belajas siswa kelas IX IPS SMA Negeri 1 limboto pada materi lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui antara perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran outdoor learning dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Limboto dan sampel kelas XI IPS tahun pelajaran 2014-2015 sebanyak 83 orang yang tersebar pada 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 1 berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data penelitian ini dilakukan secara normalitas data dan homogenitas varians. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis statistik uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran outdoor learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.
Download berkas