SKRIPSI

Penulis / NIM
NIKMA PAKAYA / 451409025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memperoleh informasi serta penjelasan tentang perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Media Pembelajaran Animasi Swishmax dengan kelas yang Media Pembelajaran Animasi PowerPoint Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Atmosfer. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa X SMA Negeri 4 Gorontalo yang berjumlah 202 orang yang tersebar pada 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas X-6 dengan jumlah siswa 26 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan penggunaan media pembelajaran animasi Swishmax dan kelas X-2 dengan jumlah siswa 26 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan penggunaan media pembelajaran animasi PowerPoint. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest-Control Group Design. Pengumpulan data mengunakan instrumet tes berupa tes essay yang berjumlah 13 butir soal. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media Swishmax dengan yang menggunakan media PowerPoint. Hal ini ditunjukkan melalui hasil belajar yang diperoleh siswa yang menggunakan media pembelajaran animasi Swishmax memiliki kemajuan belajar yang lebih tinggi sebesar 0,51% sedangkan untuk siswa yang menggunakan media pembelajaran animasi Swishmax memiliki kemajuan belajar yang lebih rendah sebesar 0,24%.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011