Penulis / NIM
NIKMA PAKAYA / 451409025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memperoleh informasi serta penjelasan tentang perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Media Pembelajaran Animasi Swishmax dengan kelas yang Media Pembelajaran Animasi PowerPoint Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Atmosfer. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa X SMA Negeri 4 Gorontalo yang berjumlah 202 orang yang tersebar pada 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas X-6 dengan jumlah siswa 26 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan penggunaan media pembelajaran animasi Swishmax dan kelas X-2 dengan jumlah siswa 26 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan penggunaan media pembelajaran animasi PowerPoint. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest-Control Group Design. Pengumpulan data mengunakan instrumet tes berupa tes essay yang berjumlah 13 butir soal. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media Swishmax dengan yang menggunakan media PowerPoint. Hal ini ditunjukkan melalui hasil belajar yang diperoleh siswa yang menggunakan media pembelajaran animasi Swishmax memiliki kemajuan belajar yang lebih tinggi sebesar 0,51% sedangkan untuk siswa yang menggunakan media pembelajaran animasi Swishmax memiliki kemajuan belajar yang lebih rendah sebesar 0,24%.
Download berkas