SKRIPSI

Penulis / NIM
HANI APRILINA / 451409028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Hani Aprilina. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Diintegrasikan Dengan Metode Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkungan Hidup. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd, dengan Ibu Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini mengkaji tentang model pembelajaran berbasis kelompok Jigsaw diintegrasikan dengan Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw diintegrasikan dengan metode Guided Inquiry dan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain penelitian menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw diintegrasikan dengan metode Guided Inquiry pada kelas eksperimen dan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada kelas kontrol. Hal ini nampak pada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw diintegrasikan dengan metode Guided Inquiry yakni 84,93 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw yakni 76,8871. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa thitung > ttabel yakni thitung = 3,8493 dan ttabel = 1,671, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw diintegrasikan dengan metode Guided Inquiry dapat menciptakan keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan pembelajaran geografi khususnya pada pokok bahasan lingkungan hidup. Kata kunci : Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Metode Guided Inquiry. Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011