SKRIPSI

Penulis / NIM
LA RAMADA / 451409032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
La Ramada, 2014. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran Geografi topik sumber daya alam (suatu penelitian tindakan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bonepantai). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II oleh Ahmad Zainuri, S.Pd. MT. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan pembelajaran berbasis portofolio. Penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis dan Taggart, dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan aktivitas guru, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, dari 25 siswa yang mencapai nilai 75 ke atas yaitu 64%, aktivitas siswa 48% mendapat kriteria baik dan sangat baik, aktivitas guru 53.34% mendapat kriteria baik dan sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran 63.64% mendapat kriteria baik dan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa tindakan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang sudah ditetapkan, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 92%, aktivitas siswa 96% mendapat kriteria baik dan sangat baik, aktivitas guru 93.33% mendapat kriteria baik dan sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran 95.46% mendapat kriteria baik dan sangat baik. Peningkatan ini, menyebabkan tindakan pada siklus II terlaksana secara optimal dan tidak perlu dilakukan tindakan selanjutnya. Berdasarkan persentase tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci :Hasil belajar siswa, Pembelajaran berbasis portofolio, Sumber Daya Alam
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011