Penulis / NIM
INDRAMAYA TONGKONOO / 451409036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Indramaya Tongkonoo. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual
Berbasis powerpoint Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Geografi. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Negeri I Bonepantai.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan minat belajar
siswa pada kelas yang menggunakan media audio visual berbasis powerpoint
dengan minat belajar siswa pada kelas yang menggunakan media powerpoint
verbal, yang melibatkan kelas eksperimen (X1) dan kelas kontrol (X2) dengan
jumlah siswa keseluruhan 56 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Metode yang
digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan
data melalui angket. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan
menggunakan statistik parametrik uji kesamaan dua rata-rata, dengan pendekatan
yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas, dan uji t. Dari hasil
pengujian hipotesis didapatkan hitung t > tabel t yaitu 3.85 > 2,00. Sehingga dari hasil
ini menunjukkan bahwa terdapat Perbedaan minat belajar siswa antara kelas yang
menggunakan media audio visual berbasis powerpoint dengan kelas yang
menggunakan media powerpoint verbal terhadap minat belajar siswa pada mata
pelajaran geografi.
Kata Kunci : Media Audio Visual Berbasis Powerpoint, Media Powerpoint Verbal,
dan Minat Belajar Siswa
Download berkas