Penulis / NIM
FEBRYANA TRIFENY RAHAYU / 451409037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Febryana Trifeny Rahayu. 2013. Persepsi Guru Geografi Terhadap Penerapan Pendidikan Karakter di SMA Negeri Se- Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr.Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Nova Ntobuo, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yakni bagaimanakah persepsi guru geografi terhadap penerapan pendidikan karakter di SMA Se – Kota Gorontalo. Selanjutnya, yang menjadi tujuan penelitian ini yakni, untuk mengetahui persepsi guru geografi terhadap penerapan pendidikan karakter di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo. Untuk memperoleh data yang diinginkan dan sesuai dengan kepentingan pembahasan, maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab IV, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa : persepsi guru geografi terhadap penerapan pendidikan karakter di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo termasuk dalam persepsi positif ( sangat baik ). Hal ini terlihat pada persentase masing – masing indikator sebagai berikut : i) Persentase capaian persepsi guru geografi terhadap penerapan Pendidikan Karakter di SMA Negeri Se- Kota Gorontalo pada indikator pandangan sebesar 89,25%. ii) Persentase capaian persepsi guru geografi terhadap penerapan Pendidikan Karakter di SMA Negeri Se- Kota Gorontalo khususnya pada indikator perasaan sebesar 87,60%. iii) Persentase capaian persepsi guru geografi terhadap penerapan Pendidikan Karakter di SMA Negeri Se- Kota Gorontalo khususnya pada kategori perasaan yakni 85,74%.
Kata Kunci: Persepsi Guru, Penerapan Pendidikan Karakter.
Download berkas